Jumat, 27 November 2009

Konsep Yin dan Yang



Yin dan Yang adalah prinsip negatif dan positif yang yang bersama-sama melambangkan keselarasan yang sempurna. Keduanya berlawanan namun menjadi kekuatan yang saling melengkapi dan bukan bertentangan.

Yin adalah wanita, gelap, pasif, dingin dan lembut. Ia melambangkan tanah dan bulan serta mewakili kematian. Yin adalah energi negatif.

Yang adalah pria, terang, aktif, hangat dan kuat. Ia melambangkan nirwana dan matahari, serta mewakilli kehidupan. Yang adalah energi positif.

Yin dan Yang bersama-sama dalam bentuk gambar diwakili oleh lambang alam semesta yang menampilkan suatu telur menunjukkan bagian hitam dan putih yang terpisah. Yin dan Yang bersama-sama dipercaya membentuk TAO, prinsip abadi nirwana dan bumi, kehidupan dan kematian, matahari, bulan, salah satu tidak akan berarti tanpa yang lainnya. Yin dan Yang saling bergantungan, dan bersama-sama keduanya memberi arti pada keberadaan manusia. Yin dan Yang terus menerus saling berhubungan, dan menghasilkan perubahan. Maka musim panas (yang) digantikan oleh musim dingin (yin) dan seterusnya.

Dengan menerapkan konsep Yin/Yang dalam hubungan pergaulan manusia, orang akan dapat melihat bahwa dalam hubungan antara dua manusia salah satunya harus secara ideal bersifat agresif dan lainnya pasif. Bersma-sama keduanya melambangkan suatu keseluruhan yang sempurna dan sebab itu juga keseimbangan. Jadi dalam hubungan hendaknya ada keseimbangan dari dua kekuatan ini. Tidak ada terlalu banyak Yin dan terlalu banyak Yang yang baik.

Dalam sistim Cina untuk menggolongkan perorangan menurut tahun kelahirannya, setiap tahun dianggap sebagai tahun YIN atau Yang, dan ini adalah salah satu kelengkapan untruk memeriksa kesesuaian antara pasangan. Maka semua tahun genap adalah tahun Yang sementara tahun ganjil adalah tahun YIN.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar